Laman

Minggu, 17 Maret 2013

PENEGAK???


Kalo kita bicara soal Penegak mungkin masih banyak yang bertanya-tanya mengenai Penegak itu sendiri. Kali ini kami akan mengulas sedikit mengenai Penegak mungkin sedikit ilmu ini dapat bermanfaat bagi kakak-kakak sekalian.
Penegak merupakan anggota muda Gerakan Pramuka yang berusia 16-20 tahun. Didalam Golongan Penegak dikenal dengan istilah Satuan Ambalan. Ambalan terdiri dari satuan terkecil yang disebut Sangga. Sangga terdiri dari 4-8 orang. Arti kata sangga adalah gubug atau rumah kecil tempat penggarap sawah. Nama sangga disusun sesuai denga kiasan dasar yakni : Sangga Perintis, Sangga Penegas, Sangga Pencoba, Sangga Pendobrak dan Sangga Pelasana.
Didalam Ambalan terdiri dari 12-32 Pramuka Penegak yang dibagi menjadi 3-4 Sangga. Kata Ambalan berasal dari bahasa jawa ambal-ambalan, yakni kegiatan yang dilakukan terus-menerus. Nama Ambalan Penegak biasa diambil dari nama=nama pahlawan, nama-nama tokoh, kerajaan dalam pewayangan atau legenda.

Dalam penegak dibagi menjadi 2(dua) tingkatan yakni : Penegak BANTARA dan Penegak LAKSANA. BANTARA atau Bantuan Sementara mengandung pengertian kader, ajudan, pengawas pembangunan yang kuat, baik dan terampil serta bermoral Pancasila. Calon pemimpin bangsa dan negara yang masih belajar dan mengembangkan kemampuannya dalam memimpin. LAKSANA mengandung arti Pemimpin Muda yang sudah sanggup mengemban dan melaksanakan tugas pengembangan bangsa dan negara serta mempunyai tanggungjawab yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar